Alasan Klopp Tak Mau Dampingi Liverpool di Laga Replay Piala FA

Berita Bola –¬†Jurgen Klopp dikritik oleh beberapa pihak karena tidak mendampingi Liverpool saay menghadapi Shrewsbury Town dalam kompetisi Piala FA pada hari Minggu. Namun, Klopp telah membela keputusannya tersebut.
Klopp mendapatkan kritik yang tajam atas keputusannya, dengan beberapa menyatakan dia tidak menghormati Piala FA dan yang lain menyebutnya malas. Berbicara menjelang menghadapi West Ham, Klopp mengatakan bahwa dirinya memang harus membuat keputusan tersebut untuk tetap menjaga stamina timnya.
“Saya harus membuat keputusan berdasarkan situasi yang kita hadapi, beberapa orang membuat keputusan lain sebelum musim. Siapa pun itu – dan oke, FA mencoba melakukan sesuatu dengan memindahkan pertandingan ke tengah pekan untuk mengurangi intensitas – tetapi itu keluar dan siapa pun yang terlibat, jika seseorang dari klub kami terlibat dan lupa mengatakan tidak, saya tidak tahu persis bagaimana itu dibahas,” katanya.
“Situasinya berakhir, kami diberikan dua minggu [pada]. Pada saat pertama saya berpikir, oke, dua minggu, tetapi tidak jelas pada minggu mana Anda dapatkan, dan kemudian kami mulai sedikit ke dalamnya dan kemudian kami melihat jika kita mendapatkan minggu kedua kita mungkin mendapatkan pertandingan Liga Champions di minggu itu.
“Kami tidak dapat mengambil libur seminggu kemudian dan mengatakan ada dua hari untuk mempersiapkan Atletico Madrid dalam kasus ini, jadi minggu lainnya adalah minggu pertama, bagi tim Liga Champions itu adalah minggu yang lebih baik karena tidak ada pertandingan Liga Champions.
“Dan kemudian muncul, ‘Oh, mungkin ada replay [Piala FA] potensial.’ Karena kami berencana dalam jangka panjang, saya tidak dapat merencanakan seperti ini [dalam waktu singkat], terutama dalam periode musim yang sangat menentukan, jadi saya memutuskan untuk istirahat pertengahan musim, berdasarkan surat [dari FA] yang kami dapatkan pada bulan April 2019 ketika kami diminta untuk menghormati liburan pertengahan musim.
“Saya tahu bagaimana bunyinya sekarang dan saya tidak ingin berada di tengah-tengah semua diskusi, saya bukan orang revolusi atau berusaha menunjukkan kepada seluruh dunia seberapa kuat saya bisa atau apa pun, itu bukan alasannya. Jika orang berpikir bahwa saya malas karena saya tidak di sini [untuk pertandingan], saya tidak dapat mengubah itu.
“Orang-orang dapat menyebutkan nama saya apa pun, saya tidak terlalu tertarik dengan hal itu karena satu-satunya tanggung jawab yang saya miliki adalah untuk para pemain saya, dan untuk semua pemain [Liga Premier] juga.
“Jika kita bereaksi sekarang dengan cara kita selalu bereaksi, seperti, ‘Kita harus mengatasinya entah bagaimana, kita akan berada di sini dan menemukan cara untuk melakukannya,’ maka tidak ada yang akan berubah. Saya pikir semua orang di sepak bola setuju bahwa sesuatu harus berubah, dan orang-orang harus berbicara.
“Saya tidak tahu siapa di sana [pada pertemuan FA untuk membahas liburan pertengahan musim], saya tahu FA mengatakan semua klub setuju, tetapi tidak ada orang yang bertanggung jawab olahraga ada di sana. Tidak ada manajer atau olahraga sutradara di sana, itu yang kita butuhkan, itu harus berubah juga, kalau tidak tahun depan kita sama persis.
“Saya membuat keputusan dan sekarang sepertinya orang menginginkan sesuatu yang berbeda dari saya, jadi saya tidak bisa melakukan apa yang semua orang inginkan. Mungkinkah saya di sini untuk pertandingan? Tentu saja saya bisa, tapi itu lagi kesalahpahaman total dalam mengelola dan melatih. .
“Istirahat pertengahan musim sekarang adalah sesuatu yang harus diselesaikan untuk tahun-tahun berikutnya dan semua pihak yang berbeda perlu menemukan solusi, jadi tidak akan seperti tahun ini lagi, di mana mungkin Anda memiliki satu [istirahat] , tetapi Anda mungkin tidak.
“Kami melakukannya untuk membuat sudut pandang yang jelas, dan sekali lagi, jika orang-orang memanggil saya malas atau tidak menghargai kompetisi piala, itu semua tidak benar.
“Setiap tahun kami mencoba menemukan jalan kami melalui musim dan itu benar-benar baik-baik saja, itu tugas kami, tetapi jika kemudian bagian dari rencana jangka panjang ini adalah istirahat pertengahan musim, maka itu harus menjadi istirahat pertengahan musim dan Anda tidak bisa [dibawa] pergi seminggu sebelum Anda memilikinya. Itu tidak mungkin,” tutupnya.